Tips Buang Air Kecil yang Sehat di Toilet Umum

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  pinoymtbfan 3 months, 1 week ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #3477


    pinoymtbfan
    Participant

    Buang air merupakan kebutuhan bagi setiap manusia yang sehat. Kesehatan manusia juga bisa dicek dari seberapa sering ia buang air kecil maupun besar dan kualitas kotoran yang dihasilkan. Untuk frekuensi buang air besar, setiap harinya minimal satu kali adalah frekuensi yang sehat. Sedangkan untuk buang air kecil/kencing, frekuensinya bisa disesuaikan dengan apa yang dimakan atau minum dan sesuai dengan suhu di lingkungan sekitar. Buang air sendiri merupakan upaya tubuh untuk mengatur suhu di dalam sehingga manusia tetap berada di suhu tubuh seperti seharusnya.

    Meski terlihat kotor, namun kegiatan buang air ini tetap harus dilakukan dengan cara yang benar dan bersih agar tubuh tetap sehat. Saat Anda buang air maka bagian tubuh lebih rentan terhadap infeksi ataupun kontaminasi kuman sehingga kebersihan tempat buang air menjadi penting untuk diperhatikan. Tempat buang air yang paling baik tentu saja adalah di toilet sendiri yang sudah Anda pastikan kebersihannya. Namun ada kalanya Anda juga harus buang air di toilet umum ketika berada di luar rumah seperti di kantor, di alat transportasi umum, di mall ataupun di tempat wisata. Toilet umum bisa memiliki tingkat kebersihan yang berbeda-beda dengan jenis toilet yang juga berbeda-beda. Untuk tetap memastikan Anda buang air dengan bersih dan sehat, berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan di toilet umum:

    1. Pilih toilet sesuai gender.
    Pilihlah toilet sesuai dengan gender Anda. Pastinya Anda akan mendapat masalah jika masuk ke toilet yang disediakan untuk lawan jenis bukan? Selain itu juga ada pilihan toilet yang memang hanya digunakan untuk satu gender tertentu terutama untuk pria. Dengan menggunakan toilet sesuai gendernya Anda juga bisa menghindari perpindahan bakteri yang bisa dibawa oleh gender lain.

    2. Sesuaikan dengan jenis toilet.
    Beberapa toilet umum menggunakan toilet jongkok, toilet duduk atau toilet berdiri khusus untuk pria. Masing-masing memiliki cara pakai yang berbeda-beda. Anda harus mematuhi cara pakai tersebut jika ingin menggunakannya dengan benar. Jangan jongkok di toilet duduk karena beban akan menjadi bertambah dan bisa jadi toilet duduk tidak mampu menahannya. Begitu juga jangan duduk di toilet jongkok karena bagian belakang Anda akan menjadi kotor.

    3. Siram terlebih dahulu toilet.
    Sebelum menggunakan toilet umum, siramlah terlebih dahulu toilet. Jika jenisnya adalah toilet duduk maka tutup terlebih dahulu toilet baru tekan flush agar airnya tidak keluar. Kemudian baru gunakan toilet setelah Anda membersihkan dudukannya dengan kertas tissue yang disediakan.

    4. Seminim mungkin menyentuh toilet.
    Penggunaan flush akan membantu Anda untuk seminim mungkin menyentuh toilet. Karenanya selalu gunakan tombol flush jika disediakan dibandingkan dengan gayung. Gunakan kertas tissue untuk membersihkan dudukan dan lainnya.

    5. Cuci tangan.
    Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun setelah Anda bab atau bak di toilet baik umum maupun pribadi. Hal ini sangat penting karena toilet adalah sarang kuman.

    6. Buang sampah pada tempatnya
    Bagi Anda yang memiliki masalah dengan urine seperti inkontinensia memiliki kecenderungan menggunakan popok, maka selalu pastikan untuk membuang bekasnya di tempat sampah yang biasanya terdapat dalam setiap toilet umum.

    Itulah tips yang bisa Anda lakukan saat buang air kecil di toilet umum agar tetap bersih dan sehat. Jangan lupa untuk selalu membawa tissue dan sabun pencuci tangan saat bepergian sehingga sewaktu-waktu Anda harus BAK di toilet umum yang tidak menyediakan tissue dan sabun, Anda sudah mempersiapkannya. Pilihlah toilet yang bersih jika terdapat lebih dari satu toilet untuk meminimalisir kontaminasi kuman.

    Referensi:
    RS Sentra Medika
    RS Mitra Keluarga

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.